Halaman

Powered By Blogger

Jumat, 25 Februari 2011

Fosil Kaktus Berjalan


Fosil  Diania cactiformis, makhluk kuno berduri yang dijuluki sebagai "kaktus berjalan" telah ditemukan di China. Makhluk ini memiliki tubuh seperti cacing dan sepuluh pasang kaki bersendi lapis. Makhluk ini diperkirakan hidup sekitar 500 juta tahun yang lalu selama periode evolusi cepat yang disebut ledakan Kambrium. 

Seorang ilmuwan mengatakan bahwa "kaktus berjalan" adalah sebuah petunjuk bagi evolusi arthropoda. Ini karena hewan ini tidak menyerupai lobopodian* lain. Meskipun kaktus berjalan adalah bagian dari lobopodian, dia mempunyai bagian tubuh seperti arthropoda lain seperti laba-laba dan krustasea.

Anggota badan yang tidak biasa dari kaktus berjalan memperkuat teori bahwa arthropoda modern berevolusi dari lobopodian, kata salah seorang peneliti.

Liu, seorang ilmuwan dari Northwest University di Xi'an, Cina, yang menemukan sekitar 30 spesimen fosil dari kaktus berjalan, juga memiliki beberapa hipotesis untuk makhluk ini. Misalnya, ia menyangka bahwa kaktus berjalan menangkap mangsanya dengan menyedot makhluk kecil di lumpur dengan belalai atau menggunakan kakinya yang berbulu untuk menangkap mangsa yang lebih besar. 

*Lobopodian sekelompok makhluk primitif yang berkembang di laut Kambrium.

1 komentar: